Minggu, 09 April 2017

Bukan Tampan, Apalagi Kaya, Tapi Ini 7 Kriteria Calon Suami Menurut Islam

Medianda – Sahabat medianda Tidak hanya saat menjalin hu*bu*ngan dengan seseorang saja, tapi sebelum memulainya, agama islam sudah membahasnya secara tuntas. Seperti halnya dalam memilih pasangan hidup untuk masa depan kita kelak.



Menurut agama islam, terdapat 7 kriteria seorang calon suami yang harusnya terpenuhi. Apa saja? ini dia penjelasannya seperti yang dikutip dari ruangmuslimah.

1. Seorang wanita hendaknya memilih calon suami yang shaleh, beragama dan berakhlak baik. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Jika datang kepadamu (hai para wali) pria yang seagama denganmu (agama Islam yang baik), maka nikahkanlah anak kamu dengannya.”

Hal ini tergantung kepada si wanita dan walinya. Jika datang seorang pria yang shaleh dan baik hendaknya mereka menerima lamarannya, meskipun pria tersebut dari golongan orang-orang miskin atau orang yang tidak dikenal.

2. Seorang wanita hendaknya memilih pria yang benar-benar mencintainya dan ia pun mencintainya, dengan syarat hal yang pertama (shaleh) harus diutamakan.

3. Seorang wanita hendaknya memilih calon suami yang cerdas, rajin bekerja, giat, memiliki pekerjaan dan penghasilan.

4. Seorang wanita hendaknya memilih pria (calon suami) yang sehat jasmani dan rohaninya.

5. Seorang wanita jangan hanya melihat pria dari sisi ketampanan dan hartanya saja, tetapi bila dibalik ketampanannya itu ia pun beragama Islam dengan baik, maka hal itu merupakan anugerah besar dalam kehidupan berkeluarga.

6. Tidak boleh seorang wanita Muslim menikah dengan pria non Muslim, maka pernikahannya itu batal (tidak sah) dan haram.

7. Jika si pria (calon suami) berasal dari keluarga yang baik, beragama dan berakhlak terpuji, maka hal itulah yang dianjurkan oleh agama dan lebih utama.

Bagaimana? apakah ke7 kriteria diatas sudah terpenuhi?

Semoga bermanfaat.




Sumber:Wajibbaca
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bukan Tampan, Apalagi Kaya, Tapi Ini 7 Kriteria Calon Suami Menurut Islam

loading...