Jumat, 26 Mei 2017

Yang Terbiasa Membaca Surat Ini Saat Malam Hari Maka Allah Menjauhkannya Dari Siksa Kubur

Medianda – Sahabat medianda mungkin tidak banyak dari kalian yang tahu  keutamaan dari surah ini. Ternyata surat Al Mulk atau surat Tabaarok, surat ke-67, surat yang ada di juz ke-29 ini punya banyak keutamaan. Menjadi amalan yang dianjurkan untuk istiqomah membacanya, terutama sebelum tidur. Apa sebabnya? Berikut ulasannya



Telah menceritakan pada kami ‘Ubaidullah bin ‘Abdil Karim, ia berkata, telah menceritakan pada kami Muhammad bin ‘Ubaidillah Abu Tsabit Al Madini, ia berkata, telah menceritakan pada kami Ibnu Abi Hazim, dari Suhail bin Abi Sholih, dari ‘Arfajah bin ‘Abdul Wahid, dari ‘Ashim bin Abin Nujud, dari Zarr, dari ‘Abdullah bin Mas’ud, ia berkata, “Barangsiapa membaca “Tabarokalladzi bi yadihil mulk” (surat Al Mulk) setiap malam, maka Allah akan menghalanginya dari siksa kubur.

Kami di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menamakan surat tersebut “al Mani’ah” (penghalang dari siksa kubur).  Dia adalah salah satu surat di dalam Kitabullah. Barangsiapa membacanya setiap malam, maka ia telah memperbanyak dan telah berbuat kebaikan.” (HR. An Nasai dalam Al Kabir 6/179 dan Al Hakim. Hakim mengatakan bahwa sanad hadits tersebut shahih).

Tentu setiap dari kita ingin terhindar dari siksa kubur. Kalau sudah tahu amalan ini bisa mempermudah kondisi kita saat di alam kubur nanti, tentu pada mau merutinkan membaca Al Mulk sebelum tidur, kan? Lebih-lebih kalau mau menghafalnya.

Itu keren banget! Nggak cuma sekedar membaca ya, perlu juga dihayati dan benar-benar hanya mengharap ridho Allah ta’ala saat membacanya. Karena bacaan al qur’an hanya akan memberikan syafaat dan pertolongan atas izin Allah ta’ala semata. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bacalah al qur’an, karena sesungguhnya bacaan al qur’an itu akan datang pada hari kiamat untuk memberi syafaat bagi orang-orang yang membacanya (sewaktu di dunia).” (HR. Muslim no. 804).


Sahabat medianda supaya mendapatkan keutamaannya dan nggak sekedar menggerakkan bibir, yuk, sama-sama amalkan kandungan isi surat Al Mulk. Semoga kita bisa mendapatkan syafaat-Nya.

Semoga bermanfaat.



Sumber:Wajibbaca
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Yang Terbiasa Membaca Surat Ini Saat Malam Hari Maka Allah Menjauhkannya Dari Siksa Kubur

loading...