Rabu, 12 April 2017

Peringatan untuk Wanita, Waspada Bila Muncul Tanda-tanda Ini, Bisa Jadi Itu Ciri Kanker P4yud4ra

Medianda – Sahabat medianda Baru-baru ini kita baru saja mendengar kabar duka yang datang dari dunia hiburan bahwa artis peran wanita Renita Sukardi meninggal dunia akibat kanker p4y*udara. Kanker p4y*udara memang menjadi salah satu penyakit mematikan yang pada dasarnya lebih sering menjangkit kaum hawa.



Mengenal lebih jauh soal kanker p4y*udara. Dalam ilmu medis, kanker p4y*udara adalah tumor ganas yang dimulai pada sel-sel p4y*udara.

Sebuah tumor ganas adalah sekelompok sel kanker yang dapat tumbuh berkembang menyerang jaringan sekitarnya atau menyebar (metastasis) ke daerah-daerah tubuh lainnya.

Berikut sebuah peringatan yang dapat anda waspadai mengenai kanker p4y*udara seperti dikutip bidanku.com:

1.  Benjolan p4y*udara atau lumpiness

Timbulnya benjolan ketika anda sedang menstruasi, itu hal yang biasa dialami sebagai salah satu gejala PMS. P4y*udara mengalami pembengkakan akibat adanya perubahan h0rm0n estrogen saat menstruasi.

Akan tetapi apabila mengalami perkembangan dengan adanya pembesaran benjolan p4y*udara anda harus melakukan pemeriksaan p4y*udara kepada dokter. Benjolan yang terasa lebih keras atau berbeda dari sisi lainnya maka mungkin merupakan tanda  anda mengalami keadaan abnormal pada p4y*udara.

Benjolan yang keras kadang-kadang terasa seperti kerikil,anggur ataupun kacang polong. Pada dasarnya bisa menjurus menderita kanker p4y*udara atau pula kondisi seperti kista atau fibroadenoma.

Untuk mendapatkan gambaran yang jelas harus melakukan pemeriksaan USG atau mamografi . Disarankan untuk anda yang memasuki masa premenopause (usia 35 tahun) untuk melakukan pemeriksaan rutin. P4y*udara mengalami pembengkakan yang baru anda temui seperti jerawat disekitar areola (yaitu lingkaran yang berwarna hitam disekitar pu*ting) kemungkinan ini merupakan benjolan abnormal.Anda dapat berkonsultasi ke dokter jika anda menemukan keluhan seperti di bawah ini :

1. Anda menemukan benjolan baru atau perubahan yang terasa berbeda dari sisa p4y*udara anda.

2. Anda mengalami penyusutan p4y*udara , terutama pada bagian pu*ting tenggelam.

3. Merasakan pembengkakan dan nyeri di luar gejala PMS yang berlangsung  jangka panjang.

4. Asimetri terbaru dari p4y*udara .Walaupun secara umum bagi wanita untuk memiliki satu p4y*udara yang sedikit lebih besar dari yang lain, jika terjadinya perubahan dari biasanya, harus diperiksa.

2.  Perubahan dalam pu*ting

Perubahann pu*ting tidak dapat dikatakan semuanya adalah tanda-tanda kanker p4y*udara. Perubahan  yang normal bisa terjadi karena adanya respon, anda sedang menyusui, atau terkadang kondisi medis (meskipun dalam kasus hanya sedikit yang mengalami hal ini).
Pada dasarnya bentuk dan pu*ting areola (lingkaran hitam sekitar pu*ting) satu wanita dengan wanita lainnya memiliki perbedaan. Akan  tetapi jika perubahan yang baru terhadap bentuk pu*ting dan areola sehingga menarik ke dalam dan tidak akan kembali ke posisi reguler jika dirangsang, mungkin menjadi tanda masalah.
Kulit p4y*udara, areola, atau pu*ting yang menjadi bersisik, merah, atau bengkak. Benjolan kecil di areola anda bisa dikarenakan kelenjar Montgomery. Anda mungkin harus memiliki ductogram atau biopsi jarum halus dilakukan untuk dapat mengetahui sifat sebenarnya dari benjolan pu*ting.

Kadang-kadang benjolan di bawah pu*ting atau areola karsinoma duktal in situ, bentuk yang sangat diobati kanker p4y*udara stadium awal. Adapun jika pu*ting anda megeluarkan air susu sedangkan anda tidak sedang menyusui  atau anda keluarnya darah dari pu*ting anda.

Hati-hati  juga untuk perubahan kulit p4y*udara yaitu dengan adanya kulit menebal, kulit seperti tekstur  jeruk, penampilan meradang, hangat daripada suhu kulit normal hingga mengalami perubahan  pu*ting.

Anda mungkin memiliki ruam biasa atau infeksi p4y*udara, tetapi  anda disarankan untuk diperiksa oleh dokter untuk memastikan itu bukan penyakit kanker p4y*udara inflamasi.

Semoga bermanfaat.



Sumber: merdekasiana.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Peringatan untuk Wanita, Waspada Bila Muncul Tanda-tanda Ini, Bisa Jadi Itu Ciri Kanker P4yud4ra

loading...